YONIF 134 / TUAH SAKTI UJIAN NAIK TINGKAT YONG MOODO

yong moodo 134Yonif 134/TS melaksanakan uji kenaikan tingkat dalam bela diri yongmoodo di Mako yonif 134/TS dengan tujuan sejauh mana prajurit menguasai dan mampu dalam mengembangkan ilmu seni bela diri Yong moodo tersebut.  Kamis (27/6/2013)

Satu lagi olahraga jenis beladiri masuk dikalangan militer. Namanya Yongmoodo yang merupakan seni beladiri asal Korea Selatan. Dan mulai 2012, Yongmoodo siap menyemarakkan keragaman seni beladiri di Indonesia. Sejalan dengan falsafah militer yang menjunjung sportifitas dan patriotisme, beladiri tangan kosong ini telah menjadi seni beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008.

 

Yonif 134/TS juga ikut dalam meyemarakkan bela diri yongmoodoo ini, dalam kesempatan ini Yonif 134/TS melaksanakan uji kenaikan tingkat dalam bela diri yongmoodo di Mako yonif 134/TS.Setelah menjalani proses latihan beberapa waktu lalu,kini satuan mengadakan uji seni bela diri dengan tujuan sejauh mana prajurit menguasai dan mampu dalam mengembangkan ilmu seni bela diri Yong moodoo tersebut.

 

Materi yang diujikan antara lain  soso kodji (langkah berganti), jumuk olgul chigi (pukulan kepala), dolyo chigi (pukulan melingkar), montong chigi (pukulan perut), ap chigi (tendangan depan), humbang nakbob (jatuh belakang) serta gerakan lainnya.    Ujian ini cukup berhasil, tidak ada yang cidera dan kesemua kader dinyatakan lulus dalam ujian kenaikan sabuk.   Sertu Syaiful Rosidi salah satu pelatih dari  Yonif 134/TS mengatakan, bahwa bela diri ini  harus benar-benar dilaksanakan sesuai petunjuk pelatih, apabila gerakan tidak sesuai dengan tehnik yang benar maka akan berakibat fatal, mengingat bela diri Yongmoodo ini  memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi.  (penrem033wp)

About these ads

Komentar ditutup.