TIM WASRIK ITJEN TNI ADAKAN PEMERIKSAAN DI WILAYAH KOREM 033/WP

Tim Wasrik Itjen TNI di Korem 033/WP

Bertempat di Ruang Rapat Makorem 033/Wira Pratama Tanjungpinang, pada Rabu (3/11), berlangsung acara Taklimat Awal Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Itjen TNI  TA. 2010 bagi Satuan Jajaran Korem 033/WP. Untuk wilayah yang dikunjungi  dikunjungi adalah Makorem, Kodim 0315/Bintan, Yonif 134/TS  dan beberapa satuan TNI yang berada di wilayah Kepulauan Riau.

Kegiatan ini  akan dilaksanakan selama lebih kurang tiga hari (2 s/d 6 November) dengan sasaran bidang operasi, administrasi  umum dan perbendaharaan  khususnya untuk Tahun anggaran 2010. Kolonel Inf Edi Nasution selaku ketua tim Wasrik Itjen TNI menjelaskan bahwa Wasrik bukan semata-mata untuk mencari kesalahan dalam pemeriksaan saja namun juga untuk memberikan koreksi, petunjuk maupun arahan terhadap permasalahan yang ditemukan sebagai langkah dan upaya untuk mengarah kepada tertib administrasi dan anggaran sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku.

Komandan Korem 033/WP dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Staf Korem Letkol Inf Bayu Haritomo  mengatakan bahwa pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan dari satuan atas merupakan fungsi kontrol dan evaluasi dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran yang dilaksanakan oleh Korem 033/WP beserta jajarannya, oleh karena itu, kehadiran Tim Wasrik Itjen TNI   ini banyak manfaatnya untuk perbaikan kinerja satuan, sehingga apa yang sudah kita kerjakan dapat diukur tingkat akuntabilitasnya dalam mendukung tertib administrasi.

Adakan koordinasi dan kerja sama dengan Tim Wasrik dengan memberikan informasi secara terbuka dan data-data yang akurat, sehingga memudahkan dalam pelaksanaanya, kedepan diharapkan kinerja kita makin meningkat dan lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya, demikian Kasrem menjelaskan. Di samping itu, Ketua Tim Wasrik Itjen TNI  bersama 8 anggota tim  diantaranya Kolonel Inf Ahmad Suryadi, Letkol Inf Invancius Siagian dan Letkol Sus A Syaifullah  menambahkan  bahwa kehadiran Tim Wasrik Itjen TNI  bukan untuk mencari-cari kesalahan akan tetapi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terjadi terutama dalam administrasi.

Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan tertib umum, tertib tindakan dan tertib administrasi yang berdasarkan norma dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu dalam menyikapi berbagai temuan yang menonjol selama kegiatan wasrik, tidak dipandang sebagai upaya untuk mengkoreksi dan mencari kekeliruan semata, tetapi harus ditempatkan dalam kerangka optimalisasi pelaksanaan tugas pokok  ke  depan   yang   makin  berat.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan wasrik dapat dilakukan secara pasif dan secara aktif. Kegiatan Wasrik secara pasif dengan mengadakan penelitian terhadap tembusan produk atau surat yang dibuat oleh satuan bawah, namun kurang maksimal dikarenakan produk-produk ataupun surat yang dikirim ke Itdam sangat terbatas, sehingga kurang mendalam dalam melakukan pemeriksaan.

Sedangkan Wasrik secara aktif adalah melakukan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan secara langsung dengan mendatangi satuan yang menjadi obyek pemeriksaan untuk melihat, memeriksa, meneliti, mencocokan serta membandingkan data (produk-produk satuan) yang ada dengan kenyataan dilapangan, sehingga hasilnya akan lebih akurat.Hadir pada acara tersebut, Para Kasi Korem 033/WP, Dandim 1615/Bintan, Pa Pekas dan Kaprimkopad Rem 033/WP.

Iklan

Komentar ditutup.