PRATUGAS YONIF RK 136/TS DALAM RANGKA PAM PULAU-PULAU KECIL TERLUAR

ARTIKEL. YONIF RK 136/TS

Salah satu tugas pokok TNI sesuai dengan Undang – Undang No.34 tahun 2004 tentang TNI adalah menegakkan Kedaulatan Negara,mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara.

Letak geografis Yonif RK 136/TS merupakan salah satu wilayah yang  berada di kepulauan Riau yang terdiri dari pulau – pulau kecil yang berada di perbatasan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini tidak menutup kemungkinan adanya ancaman dari Negara tetangga untuk menguasai dan mengambil alih pulau – pulau kecil yang keberadaannya sangat terjangkau dan sama sekali tidak dihuni oleh manusia.

Bentuk latihan penugasan pengamanan pulau – pulau terluar salah satu  merupakan ajang uji coba kemampuan dan ketrampilan serta kesiapan dan kepekaan baik secara perorangan maupun satuan Yonif RK 136/TS sendiri.Pulau – pulau kecil yang diamankan antara lain  adalah Pulau Nipah dan Pulau Sekatung yang letaknya sangat dekat dengan Negara Singapura.Penduduk yang menghuni beberapa pulau wilayah kepri yang relatif dekat dengan negara Singapura dan Malaysia yang lebih maju baik dari aspek ekonomi maupun budaya, hal ini dapat melemahkan jiwa nasionalisme rakyat setempat dan rawan terhadap penggalangan negara asing dengan menggunakan pendekatan ekonomi.

 Sementara itu keberadaan Pulau Batam yang dipadati para pendatang yang mencari kehidupan layak menyimpan kerawanan terjadinya konflik yang berbau SARA karena suku – suku pendatang tersebut cenderung hidup berkelompok.Banyaknya investor asing yang

berada di wilayah Kepulauan Riau dapat dimanfaatkan oleh pihak asing untuk menyusupkan agennya dengan menggunakan cover sebagai karyawan perusahaan Mencermati kondisi tersebut diatas, keberadaan Aparat Keamanan yang bertugas di Kepulauan Riau saat ini belum mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai kerawanan dan ancaman yang mungkin timbul.

Salah satu kegiatan Batalion Infanteri RK 136/Tuah Sakti adalah melakukan pengamanan terhadap pulau – pulau kecil yang berada didaerah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya kepulauan Riau yang merupakan salah satu tanggung jawab terhadap keutuhan dan kedaulatan Negara.

Kegiatan pengamanan pulau – pulau terluar dilakukan secara berkesinambungan. Sebelum melaksanakan pengamanan selalu dilaksanakannya Pratugas dalam rangka kesiap – siagaan prajurit dalam mengamankan pulau – pulau kecil. Yonif 136/TS dalam melaksanakan Pratugas juga dilatih oleh Pelatih yang di datangkan dari RINDAM I/BB untuk menyempurnakan kesiapan Prajurit Yonif 136/TS dalam melaksanakan pengamanan pulau kecil terluar di wilayah NKRI.

Pada tahun 2013 ini telah dilaksanakan kegiatan Pratugas pengamanan pulau Nipah dan pulau Sekatung di pulau Setokok Kepri, yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 22 Maret 2013 oleh penyelenggara latihan dari RINDAM I/BB dan dibuka serta ditutup oleh Letkol Inf Asrul Tanjung (wadan Rindam I/BB) dan prajurit Yonif 136/TS yang menjadi peserta latihan.       Materi – materi yang diajarkan adalah Patroli (keamanan, pengintaian, penyergapan), Han BOD, PKP, Menembak ( Jam jarak, TPC ), Ilmu Medan, Aplikasi .

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk membentuk suatu kualitas prajurit yang handal serta profesional dalam melaksanakan tugas yang diemban di pulau – pulau kecil terluar ,serta tidak mengenal kompromi dengan gerakan seperatis maupun negara asing yang akan mengambil wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. ***

Iklan

Komentar ditutup.