KOREM 033/WP IKUTI RAPAT SOSIALISASI PEMBENTUKAN KOMISI DAERAH PENANGGULANGAN ZOONOSIS SE PROV. KEPRI.

ZoonosisKorem 033/WP  mengikuti  Rapat Sosialisasi Pembentukan  Komisi Daerah Penanggulangan  Zoonosis  yang diwakili oleh May. Inf  AR. Sipahutar SE. Pasibintahwil Siterrem 033/WP yang dilaksanakan di hotel Aston Tanjungpinang selama 3 hari ( Tgl 6 s.d 8 Mei 2013).  Jumat(9/5)

Tanjungpinang (9/5).  Korem 033/WP  mengikuti  Rapat Sosialisasi Pembentukan  Komisi Daerah Penanggulangan  Zoonosis  yang diwakili oleh May. Inf  AR. Sipahutar SE. Pasibintahwil Siterrem 033/WP yang dilaksanakan di hotel Aston Tanjungpinang selama 3 hari ( Tgl 6 s.d 8 Mei 2013) kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Prov Kepri Dr Suhajar Diantoro, sedangkan Narasumber  yaitu dr Emil agustiono, Mkes. Setjen komnas zoonosis,  Drh sibisetdijen Dit peternakan . Kalaksa BPBD Kepri Drs Edi Irawan MM. dan  Drh Hosmendri Kabid peternakan dinas peternakan kehutanan dan perkebunan Kepri. Yang dihadiri 60 org peserta dari berbagai SKPD Kepri dan SKPD Kab/Kota sewilayah Kepri.

Sesuai perpres no.30 Tahun 2011 tentang penanggulangan Zoonosis yaitu penyakit menular dari hewan kepada manusia atau sebaliknya yang ada 5 prioritas utama : 1. Avian 2. Influenza 3. Antrax 4. Brucellosis 5. Rabies.  Sesuai UU no 6 tahun 1967 Zonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan kepada manusia dan sebaliknya dari manusia pada hewan disebut juga  Antrovozoonosis dari hewan Vertebrata.  WHO menetapkan ada 156 jenis dari 1415 mikroba Patogen yang mengancam kesehatan manusia seperti trend saat ini H7N9 dampaknya kematian dan  ekonomi, menurut jumlah tenaga kerja turunnya produksi ternak dan dampak lain sangat luas Zoonosis dengan ketahannan Nasional sangat mempunyai hubungan erat apabila ketahahan pangan dan dampak penyakit tersebut terjadi yang akan berdampak pada ketahanan Nasional untuk itu perlunya dbentuk Komisi Daerah baik Prov maupaun Kab/Kota se Kepri dan dilaksanakan lintas sektoral dan dibawah koordinasi BPBD demikian pemaparan Narasumber tersebut. > penrem033wp.

Komentar ditutup.