Korem 033/WP, Ki E Yonif 134/TS dan Persit KCK jajaran Korem menerima Sosialisasi Bintal Idiologi dan Tradisi Kejuangan

IMG_9572KOREM 033/WIRA PRATAMA  (19/11).  Danrem 033/WP Brigjen TNI B. Zuirman yang diwakili oleh Kasrem 033/WP Kolonel Inf. Sudarmadi membuka acara sosialisasi Bintal Idiologi dan Tradisi Kejuangan dari Bintaldam I/BB yang IMG_9585diberikan oleh Mayor Inf. H. Jalaludin Dalimunte dengan tema “Terapi membangun jiwa untuk mencegah pelanggaran” bertempat di Barak siaga Korem 033/WP. Selasa (19/11)

Dalam sambutan Danrem 033/WP yang dibacakan oleh Kasrem 033/WP Kolonel Inf. Sudarmadi  bahwa Kegiatan ceramah pembinaan mental pada pagi ini saya rasa sangat bermanfaat bagi prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil, khususnya di lingkungan Korem 033/Wira Pratama. Kita ketahui bahwa kondisi mental merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam menunjang keberhasilan tugas prajurit.  Karenanya pembinaan mental menjadi sebuah keharusan sebab semangat juang, loyalitas, dedikasi dan rela berkorban serta sifat-sifat positif lainnya hanya dapat lahir dari kondisi mental yang tangguh dan Untuk itu, dengan acara berupa ceramah  pembinaan mental oleh tim dari Bintaldam I/BB ini hendaknya mampu memberikan pencerahan, sentuhan rohani pribadi setiap prajurit, sehingga mereka selalu siap mempertahankan keunggulan moral, solid dan berjiwa nasionalisme, dan memiliki militansi yang dapat dibanggakan, kecintaan terhadap segala embanan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Lebih lanjut dalam amanat Danrem 033/WP bahwa Globalisasi dan modernisasi di berbagai sisi kehidupan telah memanjakan manusia pada kehidupan yang serba mudah dan instant. Disisi lain, ia telah membawa dampak kurang baik pada mentalitas manusia khususnya para prajurit dengan munculnya berbagai penyakit kejiwaan seperti depresi, desersi, iri hati dan sebagainya bahkan ke arah fenomena putus asa yang ditandai dengan bunuh diri. Dan ini tentu adanya ketidaksiapan mental prajurit dalam menghadapi kondisi di sekitarnya. Dampak negatif ini akan terus berkembang seiring dengan bergulirnya waktu. Oleh karena itu dengan kegiatan pembinaan mental ini, perlu adanya kajian dan evaluasi serta kemungkinan alternatif pembinaan untuk mendapatkan teknik pembinaan mental yang tepat guna.   

Masalah mental prajurit, PNS dan keluarganya adalah suatu faktor utama dalam mendukung kesiapan tugas satuan maka esensi Pembinaan Mental pada pagi ini saya harapkan dapat mewujudkan prajurit, PNS, dan keluarga yang beriman dan bertaqwa, demikian juga untuk mewujudkan jiwa nasionalis dan militansi guna menghadapi tantangan tugas yang dibebankan kepadanya.

Untuk itu, saya memandang dengan penuh rasa hormat bahwa tugas Pembinaan Mental, kedepan tentunya  memiliki tantangan tugas yang cukup berat, sehingga memerlukan kemampuan analisis yang tajam dan mendalam dalam membentengi mental anggota dan keluarganya dari ancaman degradasi mental.

Dan selanjutnya  Tim dari Bintaldam I/BB Mayor Inf. H. Jalaludin Dalimunte menyampaikan bahwa manusia tidak pantas menilai orang lain karena dia tidak tau bahwa siapa yang dia nilai. Hati adalah untuk menyeimbangkan jasmani dan rohani kita jangan menunda-nunda untuk berbuat baik. Dalam situasi apapun diri kita selalu harus mendekatkan diri kepada Tuhan . hindari persoalan rumah tangga yang mengakibatkan perceraian karena nanti anak yang menjadi korban. Apa yang harus kita lakukan untuk membangun jiwa kita ? rajin beribadah, berpikir positif dan perbanyak silaturahim. Demikian cuplikan secara ringkas yang disamapaikan kepada Prajurit Jajaran Korem 033/WP dan Persit KCK. (penrem033wp)

Komentar ditutup.