Kodim 0315/Bintan Gelar Pengenalan dan Latihan Alat Transportasi Air

0315KOREM 033/WIRA PRATAMA (4/12).  Sebanyak 65 orang anggota Kodim 0315/Bintan melakukan pelatihan pengenalan alat angkutan air yang sederhana, seperti sampan kayu bermesin dan dayung, Perahu Karet serta Cano, bertempat di laut Rimba Jaya Jl. Gudang Minyak Tanjungpinang. Rabu (4/12)

Sebelum latihan dimulai, Dandim 0315/Bintan terlebih dahulu mengambil apel pagi, sambil menyampaikan pemberitahuan alasan dilaksanakannya latihan tersebut.

Alasan pelaksanaan latihan ini, adalah untuk mempermahir keterampilan para anggota Kodim 0315/Bintan dalam menggunakan alat angkutan air yang disebabkan oleh faktor kondisi wilayah Propinsi Propinsi Kepri yang lautannya lebih luas daripada daratan.  Hal ini, senada dengan penyampaian Dandim 0315/Bintan Letnan Kolonel Inf A.A. Dewa, dalam apel paginya, “Wilayah Provinsi Keri terdiri dari daratan yang luasnya hanya sebesar 4 persen, sedangkan 96 persen lagi adalah lautan. Maka. Para anggota Kodim 0315/Bintan harus siap dan mahir menggunakan alat angkutan air. Berbeda, jika Wilayah Teritorial Kodim 0315/Bintan hanyalah daratan.”

Selain penyampaian tersebut, Dandim 0315/Bintan, juga menyampaikan bahwa, “Rakyat Sipil yang ada di Wilayah kerja Kodim 0315/Bintan, jika mengalami suatu bencana berupa kapal karam (tenggelam) dan banjir, maka para masyarakat sipil tersebut akan meminta pertolongan dan perlindungan kepada TNI. Jadi, para anggota Kodim 0315/Bintan harus mampu member pertolongan kepada masyarakat sipil yang sedang mengalami bencana. Para anggota Kodim 0315/Bintan, juga harus mampu memanfaatkan benda-benda yang ada disekelilingnya, seperti, Kelapa dan Botol Aqua kosong untuk  dijadikan pelampung, ketika sedang mengalami kecelakaan di laut.”

Pelatihan menggunakan alat angkutan air, akan terus dilatihkan kepada para anggota Kodim 0315/Bintan, seperti yang telah disampaikan oleh Dandim 0315/Bintan, bahwa ; “Latihan ini, akan dilaksanakan setiap minggu militer, supaya para anggota Kodim 0315/Bintan menjadi mahir. Kedepan, akan dibuat protap satuan yang isinya agar semua anggota Kodim 0315/Bintan beserta jajarannya memiliki pelampung (Live Jacket).”  (penrem033wp)

Komentar ditutup.