Kasrem 033/WP kolonel Inf. Sudarmadi lepas Tonting YWPJ Etape I

IMG_1902KOREM 033/WIRA PRATAMA (16/12).  Danrem 033/WP Brigjen TNI B. Zuirman yang diwakili oleh Kasrem 033/WP Kolonel Inf. Sudarmadi sebagai Irup pada upacara Pelepasan dan Pemberangkatan Peleton Beranting YWPJ IMG_1935dalam rangka Memperingati Hari Juang Kartika dan Hari Infanteri Tahun 2013 yang dilaksanakan dilapangan sepak bola Mansur Tembeling kabupaten Bintan. Senin (16/12)

Dalam amanat Danrem IMG_1950033/WP yang dibacakan oleh kasrem 033/WP menyampaikan bahwa Pelaksanaan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini, merupakan kegiatan rutin tahunan oleh setiap satuan TNI AD di seluruh Indonesia, sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kita terhadap jasa-jasa para pahlawan pendahulu kita dalam berjuang dan membela tanah air Indonesia, namun lebih dari itu hal penting yang kita harapkan dalam kegiatan ini adalah, ”Bagaimana nilai-nilai kejuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa itu, dapat pula ditransformasikan pada setiap diri prajurit saat ini, baik dalam pola tindak dan perilaku yang sejalan dengan nilai-nilai yang telah diwariskan oleh para pendahulu TNI”.

Sehingga warisan nilai yang telah ada akan dapat terjaga sampai kapanpun, dan diharapkan kita yang telah memilih jalan pengabdian dalam dunia keprajuritan ini, apapun yang menjadi tantangan dan hambatan maupun godaan dalam bertugas dan mengabdi akan dapat dihadapi oleh setiap prajurit, karena keteguhannya dalam menanamkan setiap nilai-nilai kejuangan dan patriotisme menjadi motivasi dan sumber inspirasinya dalam bekerja dan bertugas yang semata-mata hanya demi bangsa dan negara Indonesia.

Lebih lanjut dalam amanatnya disampaikan bahwa tanggal 15 Desember 1945 Bagi TNI AD khususnya merupakan salah satu hari yang paling bersejarah, dan merupakan tonggak penting dari perjalanan awal dari sejarah TNI, jiwa patriotisme dan sikap heroik dari rakyat bersama-sama TNI secara bahu membahu telah membuktikan tekad dan semangat bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya melalui suatu gerakan bersenjata.

Peristiwa yang terjadi di kota Ambarawa atau yang lebih dikenal dengan Palagan Ambarawa, memberikan pesan penting kepada kita semua bahwa dengan hanya berbekal tekad, semangat, senjata serta perlengkapan yang sangat sederhana, TNI bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang. 

Dalam peristiwa itu, Tentara Keamanan Rakyat dapat memadukan setiap potensi serta kemampuan yang ada dengan menggunakan taktik dan strategi yang tepat dengan menggunakan prinsip-prinsip peperangan semi modern, seperti pendadakan, pemusatan tenaga, kesatuan komando.

Dalam rangkaian peringatan bersejarah yang penuh heroisme inilah Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dengan  mengawal panji-panji/simbol Korps Infanteri kita laksanakan setiap tahun guna menggelorakan semangat dan meresapi nilai-nilai patriotisme para  pahlawan, sekaligus untuk memelihara dan mewujudkan jati diri TNI sebagai Tentara  Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Nasional. Kegigihan para prajurit dalam berperang secara frontal menghadapi musuh yang lebih kuat dan modern persenjataan, namun dapat dikalahkan, hendaknya ini perlu dicatat oleh setiap prajurit dalam membangun jati dirinya sebagai prajurit pejuang yang tidak mengenal menyerah.

Setelah upacara, Kaserem bersama tamu undangan melepas pemberangkatan Peleton beranting yang pertama yang dilepas dengan bendera start oleh Wakil Walikota Tanjungpinang BP Hj. Syahrul Spd. Dilanjutkan sepanjang route per­jalanan yang melewati desa-desa dan menjadi tempat titik ganti peserta Peleton Beranting, dimanfaatkan untuk lebih memantapkan kemanung­galan TNI-Rakyat yang telah terbukti menjadi salah satu sumber kekuatan ampuh dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa.  Mengingat begitu besarnya manfaat pelaksanaan peleton beranting yudha wastu pramuka ini, diharapkan kepada para prajurit peserta peleton beranting baik pasukan inti maupun pasukan pengantar dan pendamping, untuk sungguh-sungguh dan penuh penghayatan melaksanakan kegiatan ini.

Juga disepanjang route yang dilalui dilaksanakan Karya Bhakti disekitar lokasi kegiatan dengan melaksanakan Penghijauan (penanaman pohon) serta Bhaksos Pengobatan Masal di etape ke II. Yaitu di Desa Toa Paya Bintan  

Hadir pada upacara pembukaan pelepasan Peleton Beranting tersebuat antara Lain, Wakil Walikota Tanjungpinang, perwakilan-perwakilan jajaran TNI AL, AU dan Kepolisian, Tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (penrem033wp)

Iklan

Komentar ditutup.