Anggota Kodim 0317/TBK Amankan Hutan Lindung dari Kebakaran

Presentation1Korem 033/Wira Pratama Sesuai perintah Dandim 0317/TBK bahwa babinsa harus proaktif, responsif, dan bertindak cepat dalam menghadapi bahaya kebakaran, hutan dan  lahan khususnya hutan lindung Gunung Jantan yang merupakan hutan strategis bagi kepentingan pertahanan matra darat, sebagai reservoir air, dimana musim  saat ini kemarau panjang, dan mencegah banjir. apabila musim penghujan, dan yang lebih penting lagi sebagai paru-paru dunia, sehingga hutan tersebut harus dilestarikan dan  dilindungi dari bahaya kebakaran, praktek illegal logging dan eksploitasi yang  tidak sesuai prosedur. Dengan adanya laporan masyarakat ke Kodim 0317/TBK dan  Pemkab Karimun, bahwa  Pada Jumat 14 Maret 2014 pkl 08.00 telah terjadi kebakaran di rangkaian hutan lindung  Gunung Jantan tepatnya di Dusun Sememal  kelurahan  Pasir Panjang. Kec. Meral Barat (kebakaran tersebut sdh berlangsung dua  minggu dan sudah mencapai sekitar 50 Ha. Api sulit untuk dipadamkan secara total akibat medan yang sulit dan pengaruh cuaca ekstrim, kecepatan angin hingga mencapai 30 Km/jam) Upaya yang dilakukan:

– Koordinasi dengan instansi terkait (Wabup  mengirimkan tim Karhutla dengan bantuan Timtas Karhutla Kodim 0317/TBK  kekuatan 1 peleton plus) gabungan dengan Kompi B/ 134) dipimpin oleh Danramil 01/ Balai Kapten Inf Kasimun.

–   Babinsa memberikan himbauan tentang bahaya  Karhutla.

Saat ini masih berlangsung pemadaman dengan manual dan pengunaan mesin chin saw utk motong kayu sebagai pembatas. Timtas bahaya Karhutla  Kodim 0317/TBK di bentuk oleh Dandim 0317/TBK menindak lanjuti petunjuk Danrem 033/ WP pada saat berkunjung ke Wilayah Kab. Karimun dengan unsur FKPD Prov. Kepri yang menekankan agar Babinsa aktif menghimbau masyarakat  dalam rangka antisipasi dan mencegah meluasnya kebakaran yang sering terjadi akhir-akhir ini sebagai dampak anomali cuaca. Dalam Pelaksanaan kegiatan berlangsung aman terkendali.

Komentar ditutup.