LATIHAN GABUNGAN TNI-AL BERSAMA 18 NEGARA DI WIL KEPRI.

_MG_9090 _MG_9059KOREM 033/WIRA PRATAMA (29 Maret) . Latihan gabungan bersama 17 Negara dalam Multilateral Exercise Komodo (MNEK) melibatkan sekitar 5000 prajurit Angkatan Laut, kegiatan berlangsung di Batam, Anambas & Natuna pada  29 Maret hingga 3 April 2014. Adapun  pembukaan seremoni dilakukan di Swiss Bellhotel, 29 Maret 2014 oleh Menkopolhukam Djoko Suyanto yang dihadiri Menhan, Panglima TNI, KASAL, Kapolri dan Gubernur Kepri serta para undangan Pati, Pamen dan pejabat negara lainnya. Sabtu (29/3).

Latihan bersama ini akan menfokuskan pada penanggulangan bencana. Misalnya diwilayah Anambas dan Natuna terjadi bencana alam, maka prajurit akan turun melakukan perbaikan, mulai dari jalan hingga pengecetan. Kemudian bisa saja penanganan limbah/tumpahan minyak atau dampak kebocoran gas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan dalam bentuk kerjasama menangani bencana alam, disamping untuk menciptakan stabilitas keamanan maritim.

Selain itu, latihan tanggap darurat terhadap bencana alam, beberapa kegiatan juga dilaksanakan, seperti pameran maritim, transportasi maritim, pariwisata dan ekonomi kerakyatan dan kreatif. Beberapa latihan lainya, seperti Table Top Exercise (TTX) atau metode latihan yang dirancang untuk menguji prosedur, kebijakan dan aturan. Field Training Exercise (FTX) gladi lapangan. Meliputi identifikasi dan evaluasi, distribusi logistik, kesehatan, relokasi pengungsian, sistim komodo, dan prosedur bantuan  luar negeri.

Latihan bersama ini akan fokus pada kegiatan non-warfighting exercise, berupa latihan penanggulangan bencana (Disaster Relief Operation) dengan mengusung tema  ASEAN Navy Cooperation for Stability.

Adapun 18 Negara yang ikut berpartisipasi dalam latihan bersama Multilateral Komodo 2014  yaitu :

Indonesia, Brunai, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, China, India, Jepang, Selandia Baru, Rusia, Korea selatan, Amerika Serikat dan Australia. (penrem033wp)

Komentar ditutup.