Kasad Luncurkan Kapal Cepat Produk TNI AD

DSC_0503-1024x673 DSC_0794-1024x644 HOL_3118-1024x681 HOL_3546-1024x679KOREM 033/WIRA PRATAMA (30/4). Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) meluncurkan Kapal Motor Cepat (KMC) yang diberi nama “Komando”. Kapal ini adalah hasil riset dan pengembangan teknologi persenjataan terkini yang dilakukan prajurit TNI AD bekerjasama dengan tenaga ahli beberapa perguruan tinggi dalam negeri. Peluncuran Kapal Cepat tersebut dilakukan Kepala Staf TNI AD (KASAD), Jenderal TNI Budiman yang ditandai dengan demonstrasi manuver dan uji tembak KMC “Komando” di Pantai Ancol Beach City (ABC) Ancol, Jakarta, Selasa  (29/4).

Kasad menjelaskan kapal motor cepat ini merupakan hasil karya tenaga ahli yang terdiri dari para perwira Direktorat Pembekalan dan Angkutan (Ditbekang) TNI-AD dengan melibatkan tenaga dan nara sumber ahli dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan tenaga pelaksana pembangunan PT. Tesco Indomaritim. “Kami membuat 10 unit KMC, per unitnya seharga Rp12 Miliar lengkap dengan seluruh peralatannya, biaya tersebut sudah termasuk riset dan pembuatan kapal, dan produk ini merupakan salah satu bagian dari beberapa proyek yang dikerjakan sendiri oleh personel Angkatan Darat”, tambah Kasad.

KMC Komando ini dapat dioperasikan di daerah rawa, laut, sungai dan pantai. Kapal ini juga mampu untuk pendaratan pasukan di pantai dan mampu berlayar terus menerus sejauh 250 NM (Nautical Mile) dengan memuat 31 orang penumpang dengan tiga anak buah kapal (ABK).

Dalam kesempatan ini, TNI-AD juga melakukan demonstrasi sejumlah peralatan hasil riset penelitian dan pengembangan berbasis teknologi terkini yang telah dikerjakan bekerjasama dengan Universitas Surya antara lain Landing Craft Utility (LCU), Perahu Penanggulangan Bencana,  Hovercraft dan Uji Tembak  Remote Control Weapon Station (RCWS). Termasuk diantaranya demonstrasi Integrated Optronic Defense System, Flapping Bird, Multi Rotor, Superdrone/UAV, Gyrocopter dan Laser Gun.

Uji coba kapal dan demonstrasi materi Litbang dan Alut Bekang ini dilaksanakan  dengan tujuan untuk mengetahui kecepatan, ketelitian dan ketepatan (akurasi) dari setiap produk hasil riset yang telah dikembangkan oleh TNI AD.

Setelah uji coba dan demonstrasi ini, Kasad meminta Tim Universitas Surya dan Dislitbangad, serta Balakpus TNI AD lainnya yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan produk hasil riset ini, segera melakukan evaluasi sehingga ke depan produk hasil riset tersebut dapat segera diperbaiki dan disempurnakan untuk mendukung tugas-tugas TNI AD kedepan yang semakin komplek.(penrem033wp)

Komentar ditutup.