PERTANDINGAN FUTSAL ANTAR SATUAN JAJARAN KODIM 0316/BATAM.

futsal

Kodim 0316/Batam melaksanakan pertandingan Futsal antar Koramil, Kamis 26 Pebruari 2015, bertempat di lapangan Futsal Shoping Center, Bengkong. pertandingan tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0316/Batam Letkol Inf Josep Tanada Sidabutar & Kasdim 0316/Batam Mayor Inf AR. Sipahutar.

Sebelum pertandingan dimulai terlebih dahulu dilaksanakan apel pagi, yang diambil oleh Pasiops Dim 0316/Batam Kapten Arh M. Yudha Purnawan. Pada pertandingan Futsal tersebut memperebutkan hadiah dengan Total hadiah sebesar : 6 Juta rupiah. yang dibagi dalam 2 kategori hadiah yaitu : Juara 1 sebesar Rp. 4 Juta. dan Juara 2 sebesar Rp. 2 juta. Pada pertandingan Futsal tersebut Juara 1 berhasil diraih oleh Tim dari Makodim yang dipimpin oleh Dandim 0316/Batam Letkol Inf Josep Tanada Sidabutar sedangkan untuk juara 2 (dua) diraih oleh Tim Unit Intel Dim yang dipimpin oleh Dan Unit Intel Dim 0316/Batam Lettu Chb. Dede. pertandingan tersebut cukup meriah dan sportif.
Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Luas lapangan

  1. Ukuran: panjang 25-43 m x lebar 15-25 m
  2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
  3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang
  4. Titik penalti : 6 m dari titik tengah garis gawang
  5. Titik penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang
  6. Zona pergantian: daerah 5 m (5 m dari garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
  7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
  8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif
 

Jumlah pemain (per team)

  1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
  2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2 (tidak termasuk cedera)
  3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
  4. Jumlah wasit: 2
  5. Jumlah hakim garis: 0
  6. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
  7. Metode pergantian: “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)
  8. Dan wasit pun tidak boleh menginjak arena lapangan , hanya boleh di luar garis lapangan saja , terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang harus memasuki lapangan.
Iklan

Komentar ditutup.