Kodim 0318/Natuna Melaksanakan Tes Urine Yang Oleh BNN Kepri

Presentation1.jpgKorem 033/WP, Kodim 0318/Natuna telah berlangsung Sosialisasi bahaya Narkoba dan pelaksanaan Tes Urine dalam rangka P4GN. Yang diselenggaralkan Kodim 0318/Natuna bekerja sama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Kepulauan Riau. Dalam kesempatan ini Dandim 0318/Natuna dalam sambutannya mengatakan maraknya peredaran Narkoba menjadikan musuh bersama di Indonesia yang selama ini sudah menyentuh berbagai lapisan dan komponen masyarakat. Intruksi dari Presiden RI Indonesia darurat Narkoba. Dan intruksi dari Panglima TNI di Bulan Juni tubuh TNI harus bebas dari penyalahgunaan Narkoba, dan Pangdam I/BB mengatakan Prajurit TNI-AD jajaran Kodam I/BB di bulan Mei harus bersih dari penyalahgunaan Narkoba. Dan target Dandim 0318/Natuna, prajurit TNI-AD yang ada di wilayah Kodim 0318/Natuna baik di Kab. Natuna dan Kab. Anambas di bulan April harus sudah bersih dari penyalahgunaan Narkoba.

BNN Kepulauan Riau dalam hal ini AKBP Ahmad Yani selaku Kabid Pencegahan beserta Staf Mengatakan  Narkotika dan Obat-obatan terlarang (NARKOBA) atau Narkotik, Psikotropika, dan Zat Aditif (NAPZA) adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi seseorang (pikiran, perasaan dan perilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Narkotika menurut UU RI No 22 / 1997, Narkotika, yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Psikotropika yaitu zat atau obat, baik alami maupun sintesis bukan narkotik yang berkhasia psikoaktif melalui pengaryh selektif pada susunan saraf dan menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku. Jauhi Narkoba sebelum terlambat. Kodim 0318/Natuna bekerjasama dengan BNN Provinsi Kepulauan Riau selain melaksanakan sosialisasi, juga bekerjasama melakukan Tes urine yang dilaksanakan kepada prajurit TNI-AD yang ada di kab. Natuna  berjumlah 213 orang yaitu Kodim 0318/Natuna, Kipan C Yonif 134/R dan Kipan D Yoonif 134/R.

Pelaksanaan tes urine di Makodim 0318/Natuna dipimpin langsung oleh Dandim 0318/Natuna Letnan Kolonel Inf Ucu Yustiana dan dari BNN AKBP Ahmad Yani. yang secara garis besar mengatakan, bahwa dalam kegiatan ini yang merupakan bagian dari program juga untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan oleh prajurit sekaligus untuk mengetahui bila ada oknum prajurit yang menjadi pengguna Narkoba, sehingga dapat ditindaklanjuti untuk penanganannya sesuai dengan perintah dari Komando Atas agar personel TNI AD harus bersih dari semua pengaruh, penggunaan dan peredaran gelap Narkoba. Tes urine yang dilakukan menggunakan parameter untuk mengetahui adanya kandungan dari Amphetamine (AMP), Methampetamine (MET), Marijuana (THC), ‎Morphine (MOP) dan Benzodiazepines (BZO). Hasil dari kegiatan pemeriksaan terhadap tes urine kepada personel TNI-AD diwilayah Kodim 0318/Natuna belum ditemukan adanya penggunaan dan penyalahgunaan Narkoba. Dengan kata lain prajurit TNI-AD di KAB. Natuna  tidak ada yang mengkonsumsi Narkoba

 

Iklan

Komentar ditutup.