UPACARA PERINGATI LAHIR PANCASILA YONIF RAIDER KHUSUS 136/TS

Presentation1.jpgPrajurit Yonif Raider 136/TS memperingati hari lahir Pancasila di lapangan Upacara Hang Tuah Makoyonif Raider Khusus 136/TS, barulah Batam. Pada peringatan hari lahir Pancasila tersebut sebagai inspektur upacara adalah Komandan Kompi Senapan A Kapten Inf Justikahandinata. Dalam memperingati hari lahir Pancasila tersebut diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara dan dilanjutkan dengan pembacaan UUD 1945 oleh Serda Fandi.

Upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila tanggal 1 Juni 2016 sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu pendiri bangsa dan sekaligus meneguhkan hati kita terhadap eksistensi Pancasila.

Pancasila yang kita pahami saat ini sebelum lahir telah melalui proses perumusan dari kurun waktu 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945, dimana tiga tokoh nasional yaitu Muhamad Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Sukarno yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mencoba mengusulkan masukan-masukan tentang dasar Negara apabila bangsa Indonesia telah merdeka lepas dari penjajahan.

Gagasan Bung Karno tentang Dasar Negara yang disampaikan di depan siding Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 1 Juni 1945 (oleh Ir. Sukarno diberi nama Pancasila) menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui sebagai dasar dan ideologi Negara sehingga tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari kelahiran Pancasila.

Iklan

Komentar ditutup.