Dandim 0316/Batam Irup Pelaksaan Upacara Pengibaran Bendera di Lapangan Makodim.

Presentation1.jpgKorem 033/WP, Kodim 0316/Batam, Senin, 05/12, Dandim 0316/Batam, selaku Irup pada pelaksanaan Upacara pengibaran bendera merah putih tanggal 05/12/2016 dilapangan upacara Kodim 0316/Batam. Selaku Inspektur Upacara Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P SIP, membacakan Amanat Pangdam I/BB yang menyampaikan beberapa Atensi, Hal ini penting dihadapkan dengan pelaksanaan Program Kerja yang sudah berada pada bulan Ketiga TW IV yang merupakan Triwulan terakhir tahun Anggaran 2016.
Pertama, di Bidang Intelijen, berdasarkan data pelanggaran Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Satuan Jajaran Kodam I/Bukit Barisan periode Januari s.d awal Desember 2016 terjadi 213 kasus melibatkan 311 Personel. Adapun kasus yang menonjol adalah: THTI 23 kasus melibatkan 23 Personel, Disersi 88 kasus melibatkan 88 Personel, Narkoba 66 Kasus melibatkan 141 Personel, Penganiayaan 10 kasus melibatkan 12 Personel dan Laka Lalin 20 kasus melibatkan 19 personel. Data tersebut menunjuk-kan adanya penurunan secara Kuantitas namun Personel yang terlibat terjadi peningkatan yaitu sebanyak 306 Personel, dibandingkan dengan tahun 2015 yang lalu yakni 231 Kasus melibatkan 243 Personel.
jika diperhatikan kasus-kasus tersebut merupakan kasus yang bersifat Sistemik, karena kasus yang satu kemungkinan besar berkaitan dengan kasus yang lain, sehingga penanganan kasus ini harus secara Totalitas dengan metoda Self Esteem Approach yaitu: ” menumbuhkan kesadaran akan Harga Diri dengan pendekatan Keagamaan disamping pendekatan Hukum “.
Kedua, Bidang Operasi, Sebagaimana kita ketahui bahwa hasil Lomba Peleton Tangkas Periode II Ta 2016 Kodam I/Bukit Barisan masih jauh dari harapan, oleh karena itu perlu mendapat perhatian kita semua untuk meningkatkan kemampuan prajurit-prajurit Kodam I/Bukit Barisan dengan cara berlatih dan berlatih. Sehubungan dengan hal tersebut akan dilaksanakan latihan peningkatan fisik prajurit yang bertempat di Mako Yonif Raider 100/PS yang akan diikuti seluruh perwakilan prajurit dari Satpur dan Satbanpur Kodam I/Bukit Barisan, yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan fisik prajurit dalam rangka mewujudkan Kesamaptaan Jasmani baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan dengan materi yang sudah diprogramkan sehingga dapat mencapai Standar yang ditentukan serta dapat mendukung kesiapan prajurit dalam melaksanakan tugas pokok.
Ketiga, Bidang Personel, Mencermati angka Pelanggaran di Jajaran Kodam I/BB, untuk itu saya tekankan kepada setiap Komandan Satuan yang bertindak selaku atasan yang berhak menghukum (Ankum), berkewajiban untuk menegakkan disiplin dan menindak setiap anggotanya yang melakukan pelanggaran serta memproses hukum sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya. Guna mengeliminir terjadinya pelanggaran hendaknya para unsur pimpinan agar meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap anggotanya dengan mengintensifkan pembinaan satuan serta pelaksanaan Bintal Fungsi Komando secara optimal dan kepada para Prajurit dan PNS Laksanakan Tugas dan Fungsi masing-masing dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab agar tercapai pelaksanan tugas pokok dengan baik.
Keempat, Bidang Logistik, Kepada seluruh Prajurit dan PNS yang menempati Rumah Dinas agar pemeliharaannya dilakukan secara Swadaya. Demi kenyamanan, kerapian dan keamanan hunian rumah dinas, saya tekankan kepada para Komandan Satuan dan Kepala Badan Pelaksana untuk lebih Peduli dan Waspada dengan terjadinya kebakaran dan kerusakan Rumah Dinas. Bagi Personel yang belum menempati Rumah Dinas agar bersabar, karena terbatasnya jumlah Rumah Dinas dan Staf Logistik Kodam I/BB masih terus melaksanakan penertiban rumah dinas terhadap penghuni yang tidak berhak.
Kelima, Bidang Teritorial, Pelaksanaan kegiatan Teritorial baik yang Program maupun yang Non Program terutama dalam mendukung kebijakan Pemerintah di bidang Ketahanan Pangan melalui upaya khusus dilaksanakan secara berkelanjutan sepanjang tahun, begitu juga dengan Program Penghijauan harus dioptimalkan baik secara Kualitas maupun Kuantitas kegiatannya, sehingga pencapaiannya dapat berhasil sesuai dengan yang telah ditargetkan.
Keenam, Bidang Perencanaan, Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun anggaran 2016, untuk itu saya minta kepada para Dansat agar melaksanakan percepatan penyerapan anggaran dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku. Selanjutnya segera susun Laporan Evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Tw IV Ta 2016 sesuai bidang masing-masing.
Ketujuh, Bidang Pengawasan, Dalam rangka melaksanakan kegiatan Verifikasi terhadap Tutup Buku di Yayasan Korem 022/Pt, Korem 031/Wb, Korem 032/Wbr, Yayasan Kartika Jaya Cabang 1 Bukit Barisan, Puskopkar “A” Bukit Barisan Dan Puskopkar “B” Padang, agar masing-masing satuan menyiapkan Data yang Akurat dan Akuntabel.
Pada Pelaksanaan Upacara di hadiri oleh Para Perwira Staf dan Danramil serta seluruh anggota Kodim 0316/Batam.

Iklan

Komentar ditutup.