PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN IVA PERSIT KCK CAB LXX YONIF RK 136/TS

IMG-20170307-WA0026HUT Persit Kartika Candra Kirana (KCK) ke-71 Yonif Raider Khusus 136/TS menyelenggarakan penyuluhan dan  Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah pemeriksaan IVA dan penyuluhan tentang kesehatan kewanitaan yang dilaksanakan di GSG. Adapun tujuan dari penyuluh ini “ibu-ibu dapat menambah pengetahuan betapa pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi bagi kaum ibu-ibu sekalian serta memambah informasi dan pengetahuan tentang bagaimana melindungi diri dari kanker serviks terutama bagi ibu ibu prajurit khususnya Yonif Raider Khusus 136/TS.

Bahwasanya Kanker serviks atau servical cancer adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim atau serviks. Yaitu, bagian rahim yang terletak di bawah, yang membuka ke arah liang vagina. Dan penyebab kanker serviks yaitu oleh HPV (Human Papiloma Virus).

Sedangkan istilah test yang digunakan untuk mendeteksi dini kanker ada 2 yaitu:
– IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yaitu pemeriksaan leher rahim dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%. Bila setelah pulasan asam asetat 3-5% ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka indikasi terdapat lesi kanker.

Yang kedua dengan cara Papsmear yaitu pemeriksaan dengan cara mengambil cairan di porsio (dalam leher rahim) dan kemudian di fiksasi dengan alkohol 95% untuk di bawa ke laboratorium untuk di periksa lebih lanjut menggunakan mikroskop.

Iklan

Komentar ditutup.