Masyarakat Pesisir Batam Kembangkan UKM Dalam Tingkatkan Kesejahteraan

IMG_20171001_130510.jpgKodim 0316/Batam,Pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di tengah masyarakat perlu ditingkatkan, karena bisa membuat masyarakat lebih mandiri terutama bagi yang tinggal di pelosok maupun di hinterland. Pemahaman ini juga diberikan personil TNI kepada masyarakat pesisir untuk bisa lebih kreatif dan mendapatkan penghasilan tidak hanya menjadi nelayan atau berkebun. Ini merupakan salah satu kegiatan dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -100 , Tahun 2017, Kodim 0316/Batam, dengan memberikan penyuluhan tentang koperasi dan UKM.

Sebagai contoh yang diambil adalah usaha yang digeluti salah seorang warga yang tinggal di daerah pesisir di Batam, Bpk Harun. Ia memanfaatkan keterampilannya untuk membuat perahu layar atau dikenal dengan sebutan Zong.

Perahu layar berurukuran kecil ini sering diperlombakan di Batam, dan menjadi tradisi Masyarakat Melayu.

“Awalnya saya datang ke perlombaan zong. Melihat banyak peminat dari perlombaan ini, saya tertarik untuk belajar membuat dan bisa dijual. Ternyata hingga sekarang pemesannya banyak,” ungkap Harun,

Apa yang dilakukan Harun, diupayakan bisa menjadi contoh untuk masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, untuk lebih berkembang dan tidak terpaku pada penghasilan melaut.

Pantauan dalam penyuluhan yang dilakukan di Pulau Buluh, Belakang Padang, personil TNI bersama masyarakat tampak bersama masyarakat sangat akrab untuk mempelajari bagaimana cara pembuatan perahu tersebut.

Perahu ini, dibuat dari kayu kulai. Selain bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, hal ini juga menjadi ilmu baru untuk personil TNI, sehingga bisa belajar dan mengambangkan kepada masuakarat lainnya.

Iklan

Komentar ditutup.