Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema Pimpin Apel Gelar Pasukan Dan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif & Presiden TA. 2019 Wilayah Kepri

Presentation1.jpgKorem 033/WP, Kamis, 7/2, Komandan Komando Resor Militer 033/Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Lema, S. Sos, Pimpin apel gelar pasukan dalam rangka latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang dilaksanakan Makoyonif RK 136/TS Batam. Apel kesiapan pasukan diikuti dari berbagai instansi TNI Polri serta Pol PP Pemko Batam hadir dalam latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden ini. Danrem 033/Wira Pratama dalam sambutannya menyampaikan pesta rakyat Pemilu Legislatif dan Presiden akan digelar pada tanggal 17 April 2019, untuk mengantisipasi terjadinya konflik di lapangan dalam pelaksanaan pemilu, perlunya menyiapkan dan melatih kesiap siagaan untuk menghadapi berbagai kemungkinan terjadi pada pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden tersebut.

Korem 033/Wira Pratama bagian dari TNI mempunyai tugas dan kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, dengan peran aktif membantu ke Polisi-an dan pemerintahan daerah menciptakan stabilitas keamanan wilayah yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu.

Adanya latihan, selain memiliki kemampuan secara personel dan tim, tentang penanganan antihuru-hara, juga diharapkan dapat terwujud sinergitas antara instansi terkait seperti TNI–POLRI, Penyelenggara Pemilu Legislatif Dan Presiden, Pemerintah Daerah Dan Masyarakat Dalam Pengamanan Pemilu Legislatif Dan Presiden tahun 2019.

Dengan materi yang diberikan dalam latihan pengamanan meliputi komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan objek vital, prosedur pengerahan pasukan untuk melaksanakan pengamanan pemilu, komunikasi dan informasi serta aplikasi pengawasan pemilu Legislatif dan Presiden, Danrem berharap akan benar-benar menjadi acuan pada pelaksanaan tugas pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019.

Danrem juga mengimbau agar seluruh aparat, instansi terkait dan organisasi serta masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Riau turut membantu, mendukung dan menjaga kondusifitas keamanan, dengan melakukan langkah antisipasi dengan melakukan deteksi dini dan lapor cepat terhadap segala perkembangan situasi kemudian lakukan tindakan pencegahan sesuai prosedur hukum yang berlaku, juga adakan koordinasikan dan kerjasama yang baik antar satuan dan instansi yang terkait.

Usai apel gelar pasukan dilanjutkan dengan demo penanganan antihuru-hara dengan melibatkan aparat gabungan TNI-Polri dan Pol-PP Kota Batam.

Turut hadir dalam kegiatan Apel tersebut Bapak Gubernur Kepri diwakili, Kapolda Kepri diwakili, Wali Kota Batam, Kapolrestabes Batam, Dansat Brimob, Dandim Jajaran Korem 033/Wira Pratama dan Danyon Mar-10/Sby Serta Danyonif RK 136/TS, Ketua KPU Kepri, Ketua Bawaslu Kepri, ketua KPU Kota Batam, Ketua Bawaslu Kota Batam serta Tamu undangan, (Penrem 033/WP).

Iklan

Komentar ditutup.