Dandim 0316/Batam Memberikan Sosialisasi Mengenai Virus Corona dan Antisipasi Penyebarannya

Presentation1Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam Letkol Inf. Ahmad Daud Harahap memberikan sosialisasi mengenai Virus Corona (Covid-19) dan antisipasi penyebarannya kepada Masyarakat yang bertempat di Kantor Camat Galang pada hari Kamis (5/3/20) pukul 09.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Dr. Cecep Yudiana M.Kes., Kepala Kesbangpol Provinsi Kepri Dr. Lamidi, Wakil Walikota Batam H. M. Amsakar Ahmad, Dandim 0316/Batam Letkol Inf. Ahmad Daud Harahap, Kasubdit Satpam/Polsus Polda Kepri AKBP Rudi, Wakil Ketua III DPRD Kota Batam Dr. Tengku Afrizal Dahlan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Dr. Didi Kusmarjadi, Sekretaris Satpol PP Kota Batam Kalter, Sekcam Kecamatan Galang Hardianus, Ketua LPM Kecamatan Galang sekaligus Ketua Ikral (Ikatan Keluarga Rempang Galang) Suherman, Pjs. Danunit Intel Kodim 0316/Batam Peltu H. Bangun, Para Babinsa Ramil 04/Galang, Lurah, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Masyarakat Kecamatan Galang berjumlah 150 orang.

Pada kesempatan kegiatan sosialisasi ini, Dandim 0316/Batam memberi pengarahan yang pada intinya diharapkan partisipasi seluruh masyarakat khususnya Kecamatan Galang untuk ikut serta dalam pelaksanaan tugas ini.

Tentunya ada berapa hal yang harus kita diskusikan karena adanya rasa ketidaktahuan, ragu-ragu, ketakutan, itu wajar saja makanya kami ada disini untuk memberikan penjelasan”, ujar Dandim 0316/Batam.

Kita semua berharap apa yang menjadi petunjuk dari Pemerintah Pusat kita wujudkan, berapa silang pendapat itu wajar makanya kita adakan pertemua ini untuk mendapatkan suatu kesepakatan untuk kita semua. Nanti akan dijelaskan tentang Virus Corona, apa faktor penyebabnya dan bagaimana pencegahannya”, lanjut Letkol Inf. Ahmad Daud Harahap.

Dandim 0316/Batam juga menjelaskan bahwa pada umumnya kita semua ini kurang paham terkait Virus Corona.

Contohnya pejabat publik telah menyampaikan bahwa virus corona itu tidak berbahaya, yang penting dalam tubuh kita selalu siap dan sehat serta selalu berolahraga sehingga imunitas kita kuat”, pungkasnya.

Letkol Inf. Ahmad Daud Harahap juga menjelaskan bahwa penularannya tidak sembarangan, harus ada kontak dengan yang suspect dan suspect belum tentu positif.

Nanti untuk suspect akan dijelaskan oleh dokter, ada yang dalam pemantauan dan ada yang dalam pengawasan”, terang Ahmad Daud Harahap.

Oleh karena itu kita himbau kepada masyarakat, mungkin mendengarnya setengah-setengah dan tidak paham seluruhnya sehingga kita mengadakan pertemuan ini untuk membuka pandangan bapak/ibu sekalian”, lanjut Dandim 0316/Batam.

 

Mengenai pembangunan rumah sakit, Dandim menjelaskan bahwa dampak positifnya akan dirasakan sendiri.

Kita punya fasilitas rumah sakit yang baik kemudian dalam pembangunan kita akan melibatkan masyarakat yang ada disini. Mengapa disini, itu karena ada pertimbangan-pertimbangan dari pemerintah pusat untuk menunjuk Eks. Camp Vietnam untuk dijadikan rumah sakit”, tutur Ahmad Daud.

Ada pemahaman yang salah, rumah sakit disini bukan khusus untuk virus corona tapi yang terjangkit infeksi, infeksi itu sendiri banyak”, jelasnya.

Dandim mengarapkan kepada masyarakat Kota Batam khususnya Kecamtan Galang agar saling bahu-membahu untuk mewujudkan apa yang menjadi niat pemerintah pusat untuk mendirikan rumah sakit.

Pada kesempatan yang sama Wakil Walikota Batam H. M. Amsakar Achmad memberikan sambutan dengan menjelaskan bahwa pada hari ini dunia dihantui dengan Virus Corona.

Sebenarnya Indonesia relatif tidak ada persoalan, beberapa hari yang lalu sebelum rapat di BP Batam kita buka situs di WHO tidak ada di Indonesia”, ujar Amsakar Achmad.

Amsakar Achmad menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang akan disampiakan dalam hal ini.

Yang pertama kami diperintahkan oleh pemerintah pusat untuk memberikan sosialisasi kepada kita semua disini dan kami ingin mengdengarkan yang menjadi pendapat dan keluh kesah warga semua”, tutur Wakil Walikota Batam ini.

Wakil Walikota Batam ini menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat ingin membangun Rumah Sakit yang menagani infeksi virus.

Bagaimana caranya dan apa segi plus minusnya nya, untuk itulah kita menghadirkan kawan-kawan kita disini baik dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dan Kota Batam”, tutup H. M. Amsakar Achmad.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s