Rakornis TMMD ke -112 Wujud Sinergi, Membangun Negri

Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, S,Hub.,Int (kiri) bersama Wakil Wali Kota Batam Bapak Amsakar Ahmad (kanan).

TNI AD kembali menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Tahun Anggaran 2021 bertempat di Gedung Rapat Makorem 033/WP, Korem 033/Wira Pratama, Jalan Timun, Kalidomi, Air Raja, Kec. Tanjungpinang Tim., Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, dan tersebar di Puskodal masing-masing Kotama dan Kodim melalui video conference, Kamis (26/08/2021).

Acara Rakornis dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Melalui Video Conference  acara dibuka dan dipimpin oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional (PJO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, M.Sc.

Dalam sambutannya, Aster Kasad mengatakan bahwa program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan berbagai Kementerian/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) dan komponen masyarakat lainnya, yang dilaksanakan secara gotong-royong dan bukan domain TNI saja, demi tercapainya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Jenderal bintang dua ini juga mengajak para stakeholder  untuk mendukung, dan berkontribusi baik fisik maupun  nonfisik untuk menyukseskan tugas mulia tersebut.

“Mari kita jadikan Rakornis TMMD ini menjadi wahana untuk berkoordinasi dan berkomunikasi secara teknis, berdiskusi, dan menyinkronkan berbagai program Kementerian/LPNK yang dapat disinergikan dalam pelaksanaan TMMD ke-112 TA. 2021 ini. Diharapkan pula dalam Rakornis ini ada saran, masukkan, serta ide-ide yang kreatif, inovatif, dan konstruktif guna mendorong upaya peningkatan dan pengembangan program TMMD ke depan,” ujarnya.

TMMD ke-112 TA. 2021 direncanakan akan dimulai tanggal 15 September hingga 14 Oktober 2021 secara serentak di 50 Kabupaten/Kota, 55 Kecamatan, dan 73 Desa, dengan sasaran fisik dan non fisik.

“Tema yang diangkat pada Rakornis adalah TMMD Wujud Sinergi Membangun Negri. Sistem perencanaannya Bottom Up Planning, dan ditujukan untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga hasilnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Bapak Amsakar Achmad, S.Sos., M.Si menyampaikan Ucapan Banyak terima Kasih Atas Teselenggaranya TMMD yang telah di Laksanakan di tahun sebelumnya, seperti pembuka akses jalan, Bedah Rumah, dan Kegiatan lain nya, Masyarakat Sangat terbantu atas terselenggaranya TMMD ini, Amsakar Juga Mengatakan Mohon Dukungan Kepada TNI dari Kementerian Sosial pada saat kegiatan non fisik untuk vaksinasi massal, agar Khusus nya wilayah Kepri dapat mempercepat pencapaian Vaksinasi terhadap masyarakat.

“Pemerintah kota batam mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan TMMD yang telah berlangsung selama ini, di tahun lalu kita sudah membukan jalan, tahun sebelum nya ada bedah rumah, dan sekarang di rencanakan akan membuka kembali akses jalan di kelurahan setokok, kami sungguh sangat berterima kasih karna masyarakat kita sangat terbantu dengan terbuka nya akses jalan” ujar

Kami juga mohon dukungan dari kementerian sosial kalo bisa pada saat kegiatan non fisik, kita juga akan melaksanakan vaksinasi massal untuk lebih mempercepat pencapaian yang ada di batam, sejauh ini capaian kami sebenarnya sudah no 3 tingkat nasional tetapi 1,2 juta orang itu butuh kerja ekstra lagi, seperti sudah berjalan selama ini bantuan dari korem 033/WP dengan serbuan vaksin Gurindam 12 dan Nasi Kapau ( Vaksinasi menjangkau Pulau ) dari Polda Kepri.

Namun Pada saat sekarang ini banyak Schedule tertunda akibat terbatas nya Vaksin, Harapan Kami pada saat Kegiatan non fisik ini mohon bantuan distribusi 50000 vial untuk 5 Ratus ribu Orang, agar pencapaian kami bisa mencapai 96 %.

Selain sambutan dari Aster Kasad, para peserta Rakornis juga menyimak paparan terkait rencana pelaksanaan TMMD ke-112 TA. 2021 oleh Sekretaris PJO TMMD yang diwakili Pabandya-1 Bin Opsbak TNI Spaban V/Bakti TNI Sterad Kolonel Inf I Kadek Sumbawa dan rencana Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-112 TA. 2021 oleh Kasubdispenmedtak Dispenad.

Dalam Video Conference Hadir dalam kegiatan ini, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, S,Hub.,Int Wakil Wali Kota Batam Bapak Amsakar Ahmad, Kasiter Kasrem 033/WP Letnan Kolonel Zusnan Hadi, Dandim 0316/Batam Letnan Kolonel Sigit Wiriyawan, Wakil Ketua 1 DPRD Batam bpk muhammad kamaluddin, Ka bapedda kota batam yg mewakili tri wahyu, Ridwan kasimdjou yg mewakili kadis BMSDA.

Terkait LKJ TMMD, kegiatan tersebut diselenggarakan secara rutin oleh TNI AD sebagai wahana sosialisasi pelaksanaan program TMMD kepada masyarakat sekaligus untuk mengekspos potensi desa yang menjadi sasaran TMMD.

Lomba yang diperuntukkan bagi para Kapendam, Dandim selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD dan wartawan media ini merupakan yang kesekian kalinya digelar oleh TNI AD. Tujuannya, selain memublikasikan kegiatan TMMD dan memacu masyarakat membangun daerahnya, juga sebagai bagian dari pemenuhan informasi publik dan menggugah kepedulian masyarakat terhadap upaya pembangunan di daerahnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s