Arti Lambang

LOGO KOREM 033 WP juga
ARTI DAN MAKNA LAMBANG SATUAN
 a.   Tata Warna :
  • Merah Tua       : Keberanian
  • Kuning Emas   : Keagungan, Kejayaan dan Kesungguhan Illahi
  • Putih                : Kebenaran dan Suci
  • Hitam               : Keabadian
  • Biru                  : Kedamaian
  • Coklat              : Kekuatan dan Loyalitas
b.   Keris Pusaka.       Dengan kelok “7” terhunus tegak menghadap keatas bermakna : Setiap Prajurit selalu memegang teguh disiplin sesuai dengan Sapta Marga, jujur, rela berkorban,  penolong sesama   tanpa mengutamakan kepentingan pribadi, berjiwa luhur selalu waspada sebagai Bhayangkara Negara serta dapat menyesuaikan dan manunggal dengan lingkungan dan adat istiadat setempat.
c.   Bintang Besar.        Bersudut lima melambangkan arti :
  • Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • TNI Angkatan Darat sebagai “ Bhayangkari”  Nusa dan Bangsa.
  • Cita – Cita setinggi – tingginya.
d.  Rangkaian daun/butir padi dan Rangkaian daun/bunga kapas.
  • Rangkaian daun/butir padi dan rangkaian daun/bunga kapas berjumlah :
        – 17 daun kapas.
        –  8 bunga kapas.
        – 45 butir padi.
  • Arti dari gambar tersebut adalah melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan sesuai tujuan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang tetap akan dipertahankan sesuai dengan Amanat Penderitaan Rakyat.
e.   Gelombang Laut.
  • Gelombang laut berjumlah “8” gelombang bermakna bahwa setiap prajurit harus mampu berpikir ke setiap sudut penjuru ( 8)
  • Penjuru arah, sehingga mampu mempertahankan keutuhan NKRI terhadap ancaman yang datang dari manapun dan mampu mengamalkan 8 wajib TNI sebagai wujud kemanunggalan dengan rakyat.
  • Gelombang laut berjumlah “7” gelombang, bermakna bahwa setiap prajurit dalam melaksanakan tugas harus berpegang teguh kepada Sapta Marga sebagai pedoman.
  • Gelombang laut berjumlah “5” gelombang, bermakna bahwa setiap prajurit harus senantiasa ingat akan Sumpah Prajurit sebagai janji bhakti kepada nusa dan bangsa.
f.  Rumah Adat Melayu bermakna bahwa setiap prajurit harus dapat berdiri tegak untuk menjaga dan melindungi kedaulatan NKRI serta dapat menyesuaikan dan menghormati adat istiadat budaya setempat dimanapun berada.
g.   Tulisan “ WIRA PRATAMA “ bermakna setiap prajurit harus mengutamakan keperwiraan dalam melaksnakan tugas serta mempunyai ketajaman dalam berpikir, berbuat dan bertindak yang dapat diandalkan sebagai landasan utama dalam olah keprajuritan sehingga dapat menjadi panutan bagi masyarakat sekelilingnya.
Diawal berdirinya Korem 033/WP yang beralamat di km 14 Senggarang Tanjung Pinang banyak cerita dan suka duka yang dijalani dalam meretas jalan dan menginjakkan kaki demi lahirnya Korem baru bernama 033/WP. Pada  tahun 2012 ini, Korem 033/WP pertama kali diPimpin seorang Jenderal berbintang satu yaitu Brigadir Jenderal Deni K Irawan mengantikan Danrem ke-4 Kolonel Czi Adi Sudaryanto, S.IP.  Kolonel Czi Zainal Arifin, S.IP. dan Kolonel Arh Mardimin sebagai Danrem ke-2, sedang orang pertama orang pertama yang menjadi Danrem sekaligus menerima tongkat Komando dan Duaja Korem 033/WP dari Pangdam waktu itu adalah Kolonel Inf Ridwan.
Korem 033/WP memiliki 4 satuan wilayah setingkat Kodim yakni, Kodim 0315/Bintan dijabat oleh Letkol Inf Sych Ismed, Kodim 0316/Batam dengan pejabat Letkol Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH. Kodim 0317/TBK dibawah pimpinan Letkol Inf Edi Nurhabad dan Kodim 0318/Natuna Letkol Czi  Sujadi serta satuan tempur Yonif 134/Tuah Sakti dengan Danyonif Letkol  Inf Heriyana di Pulau Batam

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s